Daftar Nilai Kelas XI

nilai sementara semester ganjil 2010-2011

Minggu, 27 Februari 2011

pak USMAN euy..

Tepat jam 00.00 tombol power laptop kesayangan kembali harus melayani tangan aktif sang mpunya penuh keraguan dan kekesalan tapi selalu ingin bersemangat memecahkan kalimat kunci "orang lain bisa kenapa aku engga.."

Tadi siang selama tidak kurang dari 3 jam, laptop kesayangan juga harus letih melayani sang mpunya browsing - entah apa yang dicari walopun tujuannya sangat jelas "ingin eksis di dunia maya. e-mail dan facebook sudah jadi kebanggaan, katanya sekarang harus punya blog. keseringan browsing mendorong dia untuk berambisi punya website. Dua buah folder dibuatnya khusus untuk menampung hasil download software dan artikel tutorial yang kesemuanya menyangkut dunia internet. mudah-mudahan dua folder ini suatu saat akan betul-betul mampu menghantarkan si kolektor ini menjadi seorang yang ...... apa ya disebutnya?... pokonya seperti orang-orang yang tertulis namanya, terpampang fotonya di berbagai link yang orang buka saat searching.

h h h .. suatu pagi 2 tahun lalu pak usman menemui operator warnet, dia bilang; bang.. nanti siang jam 13.00 s.d. 15.00 warnet ini bisa diboking ga? maksudnya di sewa 5 unit komputer internet untuk praktik anak-anak didiknya kelas 9 yang kebetulan sudah penasaran untuk memperaktikan teori yang selama ini mereka catat di kelas. Dengan pikiran bingung..Pak Usman mengumumkan ke anak didiknya, bahwa kalian praktik internet bergiliran dimulai jam 13.00 nanti. Belum terbayang internet itu seperti apa..yang pak usman tau, bahwa internet itu penuh dengan informasi. Tentang bagaimana mencari, menampilkan dan ambil itu informasi pak usman belum tau. karna sekalipun pak usman belum pernah membuka internet.

Jam 12.30 pak usman lebih dulu masuk ke warnet. Bang tolong ajarkan saya searching (sebuah kata yang pak usman baca dalam buku TIK Kelas 9).. "wah si bapak neh,,bisa ajjah.." begitu kata si abang warnet. "pak usman makin bingung.. dia pikir saya guru komputer, masa saya minta diajarin searching internet...bukannya tadi pagi saya minta boking warnet untuk ngajar praktik internet..?" begitu gumam pak usman. Pertolongan pun datang.. Allah yang mpunya skenario.. Tepat 10 siswa masuk menempati masing-masing 1 komputer untuk 2 orang, Tepat ketika saya (Guru TIK) sedang keringat dingin memikirkan bagaimana mau mengajarkan anak didiknya... tiba-tiba seorang anak muda datang teburu-buru. Dia minta tolong pak usman mengijinkannya menggunakan 1 unit komputer paling lama 10 menit saja untuk ambil data - katanya. Disitulah keajaiban Tuhan mengajarkan lebih dulu ke pak usman.. Dia pelototi dengan penuh penasaran bagaimana sianak muda - yang ternyata mahasiswa itu - mulai klik Mozila Firefox, trus ke Google, dan dia ketik beberapa kata. Lalu terlihat ada beberapa baris tulisan berwarna biru.. salah satu dia klik, terbuka lah suatu halaman penuh dengan tulisan..dia blok dan ternyata dicopy dan disimpannya ke dalam plashdisk.

Alhamdulillah,, untuk ngajar satu kelas ini pak usman sudah punya bahan ajar. diajarkanlah dengan penuh keraguan kepada sejumlah anak didiknya sebuah proses mencari informasi..begitu terus untuk 5 kelas yang pak usman ajar.

(....bersambung..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar